RESUME Pembuatan Totebag Ecoprint Sebagai Representasi Kampanye Ramah Lingkungan



Surabaya - Kelestarian lingkungan dan alam sangat penting bagi kehidupan seluruh makhluk hidup tak terkecuali bagi kita sebagai manusia. Langkah yang dapat diterapkan untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya adalah pewarnaan tekstil yang menggunakan bahan ramah lingkungan dan limbah pewarnaannya tidak mencemari lingkungan seperti teknik pewarnaan ecoprint.


Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) sebagai ikon pendidikan kesehatan di Jawa Timur. turut andil dalam melakukan kegiatan “Pembuatan Totebag Ecoprint Sebagai Representasi Kampanye Ramah Lingkungan”. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat totebag unik dengan metode ecoprint yang ramah lingkungan. Totebag ecoprint memanfaatkan bahan-bahan organik yang ada di linkungan sekitar, sehingga dapat dijadikan ide bisnis dengan modal kecil seperti tas belanja untuk mengurangi penggunaan limbah tas plastik/kresek yang merusak lingkungan. Warna yang dihasilkan dari teknik pewarnaan ecoprint adalah berbentuk motif yang menyerupai bentuk bahan pewarna yang digunakan. Bahan yang digunakan biasanya berupa tumbuh-tumbuhan bisa bagian daun, bunga, batang, maupun akar yang memiliki kriteria tertentu contohnya daun jati

Prosedur cara pembuatan:

1.      Siapkan alat bahan.

2.      Plastik ditaruh di dalam tas 1 lalu daun ditaruh di atas tote bag (di bagian luar).

3.      Pada atas daun ditutup dengan kain putih polos. Hal ini bertujuan agar ecoprint yang dihasilkan lebih bagus. Kain putih polos ini dapat diganti dengan lembaran plastik.

4.      Pukul daun bagian yang telah tertutup kain atau plastik dengan palu hingga rata.

5.      Siapkan air 1 L dan tawas 1 sendok makan (15 gr).

6.      Jika motif yang dicetak pada tote bag dirasa sudah cukup cantik, rendam tote bag dalam air tawas selama 5-15 menit. Proses ini disebut fiksasi yang bertujuan agar zat warna daun dapat bertahan lama pada tote bag.

7.      Lalu keringkan tote bag.

 

Selain melestarian lingkungan dan alam, kegiatan tersebut juga menambah wawasan serta bermanfaat dalam dunia pendidikan dan industri.

Referensi : Pembuatan Totebag Ecoprint Sebagai Representasi Kampanye Ramah Lingkungan

Facebook

Instagram

Lihat juga blog teman saya : Llasifaaputri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day 3 KKN UNUSA 2024 (Lampah, Kedamean, Gresik)

Praktikum Kesling Kesmas UNUSA